Selasa, 04 Januari 2011

PENDERITAAN, KEINDAHAN dan CINTA-KASIH

Kamis, 08 April 2010


*** MANUSIA DAN PENDERITAAN ***






Penderitaan Berasal dari kata “DERITA” yang artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan secara lahir dan batin. Tetapi penderitaan merupakan energi untuk membangkitkan seseorang atau sebagai langkah awal untuk mencapai tingkat kenikmatan dan kebahagiaan.


Penyebab penderitaan juga macam-macam. Ia datang kepada kita dalam bentuk sakit, gagal dalam usaha, diperlakukan secara tidak adil, mengalami duka cita karena kematian orang yang kita kasihi, musibah seperti bencana alam. Singkatnya ada banyak penyebab penderitaan. Apa pun penyebabnya, penderitaan selalu ada. Ia seperti bayang-bayang yang selalu menyertai hidup.


Manusia tidak akan lepas dari penderitaan. penderitaanlah yang mendewasakan kita. Penderitaan bagaikan ujian yang terkadang memberatkan kita. tetapi percayalah bahwa dibalik derita itu ada kebaikan didalamnya.



*** MANUSIA DAN KEINDAHAN ***






Kawasan keindahan bagi manusia sangat luas,seluas keanekaragaman manusia dan sesuai pula dengan perkembangan peradaban teknologi,sosial,dan budaya.karna itu keindahan dapat dikatakan,bahwa keindahan merupakan bagian hidup manusia.Keindahan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.


keindahan berasal dari kata indah ,artinnya bagus,permai,cantik,elok,molek,dan sebagainnya.


keindahan bersifat abstrak karena hanya dapat dirasakan tidak dapat dipegang, diraba segala bentuk sentuhan. Manusia terkait dengan keindahan, karena lingkungan sekitar manusia yang indah dapat membuat individu menata hati kearah mood yang bagus. Allah pun menyukai keindahan. Oleh karena itu kita sebagai manusia cintai keindahan.



Terdapat perbedaan menurut luasnya pengertian yakni :


a. Keindahan dalam arti yang luas


b. Keindahan dalam arti estetis murni


c. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan




*** MANUSIA dan CINTA-KASIH ***





Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat sangat kasih atau sangat tertarik hatinya.
kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan.
Dengan demikian cinta dan kasih ha,pir bersamaan sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta.Karna itu cinta kasih dapat di artikan sebadai perasaan suka kepada seseorang yang di sertai dengan menaruh belas kasihan.


Pengertian tentang cinta di kemukakan juga oleh DR Sarlito W.Sarwono.di katakanyanya bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu Keterkaitan,keintiman,dan kemesraan.


  • keterkaitan adalah adanya perasaan untuk anya bersama dia.segala prioritasuntuk dia,tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia.
  • keintiman,yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi.
  • kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai,rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu,adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang dan setrusnya

Cinta dan kasih yang abadi adalah cintakasih terhadap keluarga. tidak ada yang mampu menandingi kuatnya cinta-kasiih ikatan tersebut. lain halnya cinta-kasih yang berdasarkan ketiga unsur itu saja tanpa ada pemfilterisasi dalam mmengerjaknnya. yang ada hanyalah nafsu belaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar