Selasa, 04 Januari 2011

Semua Berita Layak Online

Samosir Miliki Berbagai Situs Menarik Wisatawan Dunia

Medan ( Berita ) : Kabupaten Samosir, Sumatera Utara memiliki berbagai situs yang berusia ratusan tahun yang diperkirakan akan menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia.
“Sayangnya, keberadaaan situs-situs itu belum dipromosikan secara maksimal,” kata pemerhati Samosir Osriel Limbong di Medan, Minggu [12/12].Sebenarnya, kata Osriel, Samosir akan banyak dikunjungi wisatawan, khususnya dari luar negeri dan diperkirakan akan menambah pendapatan daerah tersebut.
Hal itu disebabkan selain memiliki panorama yang sangat indah, Samosir juga memiliki sejumlah situs bersejarah dan berusia ratusan tahun.Ia mencontohkan adanya makam Raja Sidabutar, peninggalan sejarah si raja Batak di Pasubuit, patung Sigale-gale dan air tujuh rasa (aek sipitu dai).
Demikian juga dengan keberadaan Danau Sidioni di Desa Ronggur Nihuta, Kecamatan Ronggur Nihuta yang sangat unik karena berada di atas perbukitan.”Itu sangat menarik karena danaunya berada di atas bukit,” katanya.
Keberadaan situs-situs dan lokasi wisata tersebut diyakini akan menarik perhatian wisatawan, termasuk dari mancanegara, apalagi yang memiliki minat di bidang arkeologi.
“Patut dipahami, wisatawan asing bukan tertarik dengan keindahan alam, tetapi juga hal-hal yang bersejarah,” kata Osriel Limbong yang juga Ketua Persatuan Angkat Berat dan Binagara Seluruh Indonesia (PABBSI) Samosir.
Mungkin, kata Osriel, Pemkab Samosir memiliki keterbatasan untuk mempromosikan berbagai potensi wisata yang diperkirakan akan menraik minat wisatawan itu.Hal itu justru menjadi peluang bagi kalangan pengusaha, khususnya yang bergerak di bidang pariwisata untuk mempromosikan berbagai situs bersejarah tersebut.
“Sangat disayangkan jika berbagai situs itu dibiarkan begitu saja, yang seharusnya bisa dikembangkan untuk membantu kesejahteraan masyarakat setempat,” katanya.(ant)
Share
Comments are closed.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar